Smartphone Fleksibel

 


Smartphone Fleksibel

Tampilan fleksibel atau tampilan yang dapat digulung adalah tampilan visual elektronik yang bersifat fleksibel, berbeda dengan tampilan layar datar tradisional yang digunakan di sebagian besar perangkat elektronik. layar fleksibel adalah layar yang tidak benar-benar akan ‘lemas’ ketika anda menggunakan ponsel anda.

Layar seperti itu dapat digulung seperti gulungan tanpa gambar atau teks terdistorsi. Teknologi yang terlibat dalam membangun layar yang dapat digulung termasuk tinta elektronik , Gyricon , LCD Organik, dan OLED.


Kelebihan Layar Fleksibel

  • Tipis 
Layar fleksibel bisa tidak menggunakan kaca lampiran, sehingga bisa menjadi lebih tipis, dan efektif memberikan kemampuan pada produsen untuk membuat produk yang lebih ramping, atau bahkan bisa membuat baterai lebih besar atau memasukkan perangkat lainnya.
  • Ketahanan
Layar fleksibel dinilai jauh lebih kuat dibanding layar kaku, karena bukan hanya memiliki sedikit kaca, namun juga material fleksibel tidak rawan terhadap kerusakan pada penyalahgunaan. Material fleksibel menciptakan semacam bantalan untuk layar.
  • Inspirasi
Dengan adanya layar fleksibel tentunya akan meminta banyak produsen untuk memproduksi komponen lain dengan karakteristik yang sama. Misalnya saja peneliti Stanford yang sudah bekerja pada baterai transparan yang fleksibel, dan Korean Advanced Institute of Science and Technology yang juga membuat modul memori RAM fleksibel.


Kelemahan Layar Fleksibel

  • Harga yang ditawarkan cukup mahal
  • Sparepart cukup susah untuk dicari
  • Hanya beberapa perusahaan yang mendevelop 


Perusahaan yang sudah menerapkan teknologi ini

  • Samsung
    Samsung Z Flip

    Samsung galaxy Fold


Perusahaan yang sedang merancang teknologi ini 

  • Apple Inc


    Menurut rumor yang beredar menyebutkan perusahaan rintisan Steve Jobs itu sedang mempertimbangkan seri iPhone yang dapat dilipat layarnya. Kabar itu diperkuat dengan obrolan pada akhir 2017 yang mengatakan, Apple mungkin akan memasang teknologi layar LG Display pada iPhone yang dapat dilipat.


Contoh video smartphone fleksibel yang sudah dirilis














Comments

Popular Posts